SUTAN MAKMUR

ciloteh dikala senggang

Foto Saya
Nama:
Lokasi: batam

Pekerja Media, Peminat Sejarah. Tinggal di Batam, Kepri.

Sabtu, 03 Januari 2009

Tahun Baru dan Hati Gelisah

Tahun baru bagi orang lain mungkin banyak makna. Ada harapan, ada pula target yang tentu lebih baik dari tahun sebelumnya. Tapi bagi saya tahun baru tak ada artinya. Tak ada istimewanya. Sama halnya dengan hari ulang tahun yang juga tak berarti bagi saya sehingga tak pernah dirayakan. Cukup hanya diingat.

Meski tak menganggap tak ada yang istimewa di momen tahun baru, bukan
berarti saya tak punya kisah di tahun baru. Cerita pertama terjadi tanggal 1 Januari 2002. Hari itu saya mulai terjun ke dunia entah berantah, mencari berita. Beberapa hari sebelumnya, saya diterima bergabung jadi reporter muda koran Semangat Demokrasi di Padang. Nah, penugasan pertamanya mulai tahun baru itu.

Bos saya waktu itu, Hidayat yang kini menjabat Wakil Ketua DPD PDIP Sumbar meminta para reporter muda yang baru bergabung untuk menulis berita tentang tahun baru dan kehidupan muda mudi mahasiswa di Kota Padang. Saya masih ingat orang pertama yang saya wawancarai bukan pejabat, tapi ketua RW di Ketaping, Kuranji. Beliau kebetulan juga ketua Muhammadiyah setempat.

Inilah awal semuanya menjalani hidup sebagai pencari berita. Walau berstatus reporter muda, bangganya bukan main. Maklum, saya saat ini baru kuliah tahun tiga. Gaji tak seberapa. Kami biasa tak menyebut gaji, tapi honor. Paling tinggi Rp125 ribu. Tapi hati senang saja menjalani. Soalnya, uang bulanan dari kampung juga tetap jalan he...he.

Sebulan pertama masuk, senior sesama reporter ganasnya minta ampun.Jangan coba-coba memakai komputer yang dipakainya, habislah kita kena semprot. Itu belum seberapa jika dibandingkan masuk ke wilayah liputannya, kita pun diusir. Pernah saya diajak teman wartawan lain jalan-jalan ke Balai Kota Padang dan ketemu salah seorang senior di sana. Ia marah besar karena saya masuk wilayah liputannya.

Delapan bulan di Semangat Demokrasi, kami reporter muda, antara lain Restu Pramona kini PNS Pemko Batam, Gusliyanti (Singgalang), Budi Satria, Zulfadli dan bang Novri kami banyak belajar. Di awal-awal, Budi dan Restu yang beritanya paling banyak. Baru saya dan Yanti. Bang Nov saat itu yang paling banyak mengeluh (he...he...sory bang). Saya dan Restu banyak dilatih bang Hidayat, sedang Budi, Yanti dan Zul lebih dekat dengan pemred pak Infai.

Saat koran Semangat Demokrasi tak bersemangat lagi alias mati, sekitar bulan Agustus 2002 saya pindah bersama beberapa rekan ke tabloid ekonomi Forum Bisnis yang terbit di Padang yang akan diterbitkan. Mantan bos di Semangat Demokrasi, Hidayat yang mengajak. Selain saya juga bergabung redaktur Semangat Demokrasi, bang Jumadi (kini Sekretaris DPD Golkar Kota Padang), Firdaus, dan sejumlah reporter senior, Zetri Murni dan Elfi Susanti. Layouter dipegang Dani Rahmat

Forum Bisnis bukan tabloid sembarangan. Modelnya mirip tabloid ekonomi Kontan. Kantornya pun mantap menyewa sebuah ruangan di hotel bintang lima, Bumi Minang di Jalan Bundo Kanduang Padang. Pemprednya Awaluddin Awe, mantan koresponden Bisnis Indonesia di Padang dan Mimbar Minang. Hidayat jadi redpel, Jumadi dan Firdaus memegang jabatan redaktur. Ada lagi redaktur lain bernama Noverry Darwin yang memegang halaman otomotif.

Di jajaran reporter selain Zetri dan Elvi, ada Gusnaldi Saman (Kepala Perwakilan Singgalang di Pariaman), kemudian baru bergabung Youngster Twin (Tribun Pekanbaru), Ari Ashadi dan Nila Sukhrina. Terakhir baru masuk Adrian Putra yang menjabat pemimpin perusahaan dan Jonnedy Setiawan alias Jonnedy Kambang (kini koresponden Trans TV di Padang). Bang Jon, biasa saya panggil awalnya jadi korlip dan kemudian naik jadi redpel.

Sama halnya dengan pak Awaluddin Awe, pendidikan formal Jonnedy tak tinggi alias kuliahnya tak selesai-selesai. Namun, ia sangat jago. Selain jago menulis, ia juga jago melobi. Samahalnya dengan pak Awe. Jonnedy sebelumnya pernah di Padang Ekspres dan juga jadi kontributor Reuters dan Pantau.

Usia Forum Bisnis tak sampai dua tahun. Sayang sekali, padahal namanya sudah harum di Sumbar. Tabloid yang kertas cetakannya mewah, HVS. Beritanya murni ekonomi. Ditambah suplemen otomotif dan profil. Jelang akhir 2003, Forum Bisnis tak terbit lagi. Media pertama yang fokus soal ekonomi di Sumbar resmi ditutup setelah rapat di suatu sore antara jajaran redaksi dan usaha di kantor kedua jalan Gunung Pangilun.

Setelah dari Forum Bisnis, saya sempat dua pekan ikut bergabung di koran mingguan Padang Post. Namun, saya tak melihat ada pengharapan di sana. Kuliah saya saat itu sudah selesai karena sudah diwisuda April 2003. Rencananya dari Padang, saya ingin mencoba peruntungan baru di Pekanbaru. Dua pekan saya jalan-jalan ke Kota Bertuah itu. Abang senior di kampus Sastra Unand, Jurusan Ilmu Sejarah, Hary B Koriun yang sama-sama gila bola menawarkan untuk pergi ke Batam dan bergabung dengan Sijori Mandiri. Kebetulan Pemred Sijori Mandiri, Zul Effendi bekas korlip saat masih bergabung di koran Singgalang.

Nah, awal tahun baru 2004, saya hijrah ke Batam dan langsung bekerja di Sijori Mandiri. Entah jenuh, tak ada tantangan baru atau ingin mencari kehidupan yang lebih baik, Mei 2005 saya pindah lagi ke Batam Pos dan masih bertahan sampai saat ini. Baru 3,5 tahun lebih, tapi rasanya sudah lama sekali.

Sekarang sudah tahun baru lagi, rasanya sudah capek untuk kembali bertualang. Rutinitas sehari-hari kini entah kenapa terasa menjemukan. Ditanya kawan-kawan yang lain, rupanya sebagian besar juga punya keluhan yang sama. Tak ada tantangan baru atau tak ingin ada tantangan. Entahlah. Tapi hidup terus berjalan. Ini sebuah pilihan dan harus dijalani. Apakah hobi? bukan, ini pekerjaan. Hobi sudah mati beberapa tahun yang lalu.

Saya terus gelisah. Tapi kata kawan saya, Youngster, gelisah lebih indah dari hati yang hampa.***

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda